Header Ads

Menikmati Senja di Souq Waqif, Doha

Mengunjungi Souq Waqif di Doha saat senja adalah pengalaman yang tak terlupakan. Terletak di jantung kota Doha, pasar tradisional ini menawarkan campuran budaya, sejarah, dan kehidupan modern Qatar yang menakjubkan. Saat matahari mulai tenggelam dan langit berubah menjadi kanvas warna-warni, Souq Waqif hidup dengan cara yang berbeda, penuh dengan cahaya, suara, dan aroma yang memikat.

Perjalanan ke Souq Waqif

Saya tiba di Souq Waqif sekitar pukul 17.30, saat matahari mulai turun dan suhu udara mulai menyejuk. Dari hotel di Corniche, saya mengambil taksi menuju pasar yang terletak sekitar 15 menit perjalanan. Saat tiba, saya langsung disambut oleh arsitektur tradisional yang dipadukan dengan sentuhan modern. Bangunan-bangunan dengan fasad batu kapur dan lorong-lorong sempit membuat saya merasa seolah-olah melangkah kembali ke masa lalu.

Keindahan Senja di Souq Waqif

Senja di Souq Waqif adalah waktu yang magis. Cahaya matahari yang memudar menciptakan bayangan panjang di sepanjang lorong-lorong, sementara lampu-lampu mulai menyala, memberikan cahaya hangat dan mengundang. Saya berjalan perlahan melalui pasar, mengagumi kerajinan tangan, rempah-rempah, kain, dan pernak-pernik yang dijual di kios-kios. Penjual dengan ramah menyapa, menawarkan barang dagangan mereka dengan senyum dan keramahan khas Timur Tengah.

Aroma dan Cita Rasa

Salah satu hal yang paling menarik dari Souq Waqif adalah aroma yang menggoda. Di senja hari, aroma rempah-rempah, kopi Arab, dan makanan panggang memenuhi udara. Saya memutuskan untuk mencoba beberapa hidangan lokal di salah satu restoran yang berjejer di sepanjang lorong utama. Dengan meja-meja yang diletakkan di luar, saya bisa menikmati makan malam sambil menyaksikan kehidupan malam yang mulai ramai.

Saya memesan beberapa hidangan khas Qatar, seperti Machboos (nasi berbumbu dengan daging), dan Moutabel (hidangan pembuka dari terong). Tidak ketinggalan, secangkir kopi Arab yang disajikan dengan kurma, menambah kenikmatan kuliner malam itu. Sambil menikmati hidangan, saya merasakan atmosfer yang begitu hidup, dengan suara musik tradisional yang dimainkan di latar belakang dan suara orang-orang yang bercengkerama.

Hiburan Malam

Setelah makan malam, saya melanjutkan eksplorasi. Souq Waqif tidak hanya tempat berbelanja, tetapi juga pusat budaya dan hiburan. Banyak seniman jalanan yang tampil, mulai dari musisi, pelukis, hingga penari tradisional. Saya berhenti sejenak untuk menikmati pertunjukan musik tradisional Qatari yang dimainkan dengan alat musik oud dan tabla. Irama yang menghanyutkan membuat suasana semakin magis.

Selain itu, ada juga berbagai galeri seni dan pameran yang menampilkan karya-karya seniman lokal dan internasional. Saya mengunjungi salah satu galeri yang memamerkan lukisan dan fotografi yang menggambarkan kehidupan dan budaya Qatar. Pameran ini memberikan perspektif yang mendalam tentang warisan dan identitas negara ini.

Berbelanja di Souq Waqif

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Souq Waqif tanpa membawa pulang beberapa suvenir. Saya menyempatkan diri untuk berbelanja beberapa barang unik, seperti karpet buatan tangan, lampu-lampu berwarna-warni, dan parfum khas Timur Tengah. Penjual di Souq Waqif sangat ramah dan terbuka untuk bernegosiasi, menjadikan proses berbelanja menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Menutup Malam

Sekitar pukul 21.00, saya memutuskan untuk menikmati shisha di salah satu kafe outdoor yang terkenal di Souq Waqif. Duduk di sofa yang nyaman, saya memilih rasa mint yang menyegarkan. Sambil menikmati shisha, saya mengamati orang-orang yang berlalu-lalang, merasakan angin malam yang sejuk, dan mendengarkan alunan musik yang lembut. Ini adalah cara yang sempurna untuk mengakhiri malam yang indah di Souq Waqif.

Menikmati senja di Souq Waqif adalah pengalaman yang memikat dan memuaskan. Dari keindahan arsitektur tradisional, aroma rempah-rempah yang menggoda, hingga hiburan dan budaya yang hidup, Souq Waqif menawarkan sesuatu untuk setiap pengunjung. Bagi siapa pun yang berkunjung ke Doha, menghabiskan waktu di Souq Waqif saat senja adalah sebuah keharusan. Ini adalah tempat di mana masa lalu dan masa kini bertemu, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.